6.9.14

Ritual Pagi dan Hal Menarik Lainnya


Saya mempunyai ritual khusus di pagi hari seperti yang orang lain lakukan, saya melakukan hal-hal sederhana dan ringan untuk memulai hari.

Biasanya, saya bangun jam lima atau setengah enam, iya saya tahu, itu bukan mencerminkan muslim yang baik. Tetapi itulah kenyataannya, dan saya berani mengakuinya. Saat terbangun, hal pertama yang saya lakukan pasti melihat jam. Setelah itu baru turun ke lantai bawah untuk wudhu lalu sholat. Nah, hal menariknya (menurut saya sendiri) terjadi setelah sholat subuh ini.

Kebanyakan orang akan memutar lagu sembari membaca buku atau memainkan ponselnya, atau hanya di atas kasur bermalas-malasan. Berarti sama dengan saya. Tetapi seringnya, saya tidak memutar lagu, melainkan memutar video-video yang saya download di youtube hari-hari sebelumnya. Video tentang penulis yang menerbitkan novel barunya setelah sepuluh tahun tidak menerbitkan novel. Video tentang band metal Indonesia asal Bandung yang lebih terkenal di luar negeri. Video tentang pemilik kaskus yang penghasilannya mencapai miliaran per bulan. Sampai video tentang tokoh-tokoh penting negeri ini saat talk show, yang berkoar akan meningkatkan fasilitas kesehatan, pendidikan gratis, lapangan pekerjaan, yang sampai sekarang masih banyak orang yang belum merasakan bukti nyatanya.

Terlepas dari itu semua, favorit saya adalah video orang yang membaca pusi dan monolog. Mendengarkan mereka membaca puisi, seperti diajak jalan-jalan ke tempat mereka menulis puisi itu. Tenang dan damai. Kalau kalian mau merasakannya, coba cari video Aan Mansyur saat membaca puisi “Di Hadapan Mata Jendela”. Setiap kalimatnya disusun dan dipadukan sangat rapi.

Kalau monolog lebih keren lagi, coba lihat dan dengarkan monolognya Rendra yang “Pesan Pencopet Kepada Pacarnya”. Tonton siapa saja yang memonologkannya, kalian akan tertawa dan berpikir miris sekaligus. Saya lebih suka tertawa dari hal-hal yang seperti itu. Dari celetukan-celetukan orang cerdas, ketimbang tertawa dari acara-acara komedi setengah matang yang sekarang lagi laris di televisi.

Balik lagi ke ritual pagi, kemarin saya bertanya kepada teman tentang apa saja yang dia lakukan saat pagi hari agar siang dan malamnya, mood tetap terjaga. Dia menjawab:

“Aku pencinta air putih, jadi setelah bangun aku langsung minum air putih. Kemudian menyalakan televisi namun tidak kutonton. Begitu setiap pagi. Dan itu membuat hariku menyenangkan.”

Dari situ, banyak sekali ritual pagi yang dapat dilakukan. Yang kesemuanya menyenangkan bagi pelakunya, dan memberi efek positif di siang dan malam harinya.

Jadi, apa ritual pagimu? Sudah bisa membuatmu bersemangat menjalani hari? Atau belum mempunyai ritual pagi khusus? Kalau belum, ayo cari dari sekarang. Karena hal pertama yang dilakukan di pagi hari, sangat berpengaruh untuk hari itu.

Ada istilah, “awali hari dengan senyuman”. Nah, menurut saya, senyuman yang dimaksud dalam kalimat itu, mungkin hal yang bisa membuat kita merasa senang.

Yang terakhir, setelah melakukan ritual pagi, rasakan perbedaanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkumpulah, berkumpulah

Hari itu, hari setelah penantian panjang bertahun-tahun untuk memiliki anak, turun perintah langit untuk Ib. Ia disuruh membawa istri dan a...